[REVIEW] Youjo Senki Movie, Tidak Ada Kata Damai Untukmu Wahai Mayor Degurechaff


Yo gan, saya akan mereview salah satu movie dari anime loli kesayangan kita, yaitu Youjo Senki. Movie ini merupakan kelanjutan cerita dari anime sebelumnya yang berjumlah 12 episode. 

Tidak memperpanjang kata-kata pembuka, langsung saja saya mulai review ini dari sinopsis cerita terlebih dahulu.






Sinopsis:
Melanjutkan cerita sebelumnya dimana Kekasairan (Jerman) tempat negara Tanya von Degurechaff, telah berhasil menguasai Paris (Prancis). Namun sisa-sisa tentara Paris yang dikalahkan melarikan diri untuk meminta bantuan pada Federasi (Rusia). Dengan begitu dimulailah peperangan kembali antara Kekaisaran melawan Federasi dan sekutunya. Degurechaff pun dengan rasa jengkelnya pada "Makhluk X" akhirnya terpaksa harus kembali lagi ke medan perang.

STORY: 8
Saya tidak akan mereview visual, sound, dan pembangunan karakter pada episode movie ini. Saya hanya akan memberikan pendapat saya mengenai bagaimana cerita dari movie anime Youjo Senki ini. Saya sudah membaginya ke dalam beberapa poin-poin.

1. Pemilihan musuh Degurechaff kali ini sangat bagus sekali

Gambar via crunchyroll.com

Bukan bermaksud untuk membandingkan, namun musuh Degurechaff kali ini terlihat memiliki perasaan dendam yang jauh lebih besar dari musuh yang sebelumnya (walaupun sebenarnya kita sudah mengetahui bahwa hubungan mereka itu adalah ayah dan anak). Dendam tersebut muncul karena ayahnya yang telah mati dibunuh oleh Degurechaff dalam peperangan sebelumnya

Lalu mengapa saya mengatakan pemilihan musuh kali ini tepat? Karena hal itulah yang paling masuk akal. Memangnya siapa lagi kandidat musuh yang memiliki hasrat kuat untuk membunuh Degurechaff? Jawabannya hanyalah musuh yang memiliki dendam kesumat pada Degurechaff, tidak lain dan tidak bukan yaitu seorang gadis bernama Mary, yang juga memiliki kekuatan energi sihir yang luar biasa seperti halnya Degurechaff.

Pertempuran yang diperlihatkan antara mereka berdua pun cukup mengesankan. Degurechaff akhirnya bisa menemukan lawan kuat sebagai sesama perempuan (walaupun kita tahu Degurechaff itu dulunya adalah om-om karyawan kantoran). 

Kekuatan sihir yang luar biasa ditambah dengan besarnya hasrat balas dendam membuat dirinya tetap bertahan tidak mau dikalahkan, cukup membuat Degurechaff kewalahan saat melawannya. 

Namun karena dirinya lengah karena merasa telah menang, akhirnya Degurechaff berhasil memberikan counter attack dengan beberapa tembakan dari peluru pistol miliknya.

2. Degurechaff selalu memiliki strategi yang luar biasa

Gambar via crunchyroll.com

Tidak hanya kelincahan dalam bertarung, Degurechaff juga memiliki otak yang luar biasa. Hampir semua kemenangan perang yang telah dicapai oleh Kekaisaran berasal dari strategi Degurechaff. 

Pada movie ini, diperlihatkan bahwa Degurechaff berniat melakukan strategi gila dengan langsung menyerang ibukota Federasi di Moscow. Meskipun pada awalnya strategi ini meragukan, namun pada akhirnya mereka berhasil melakukannya.

Lalu pada saat Federasi dan seluruh sekutunya mencoba melakukan serangan balik pada Kekaisaran dengan kekuatan penuh. Berkat arahan yang diberikan Degurechaff, dan juga dirinya yang dijadikan umpan untuk melawan Mary, akhirnya mereka berhasil membalikkan keadaan dengan memukul mundur pasukan federasi.

3. Pada akhirnya tidak ada kata damai untukmu wahai Mayor Degurechaff


Diperlihatkan pada adegan akhir bahwa Degurechaff berniat untuk mencari cara agar dirinya dapat kembali ke kehidupan damai. Ia mengajukan ide agar dirinya dapat mundur dulu selama dua bulan ke barisan belakang demi mencari rekrutan baru pasukan garis depan. 

Permintaan tersebut memang dikabulkan. Degurechaff berharap bahwa pasukan baru tersebut akan menggantikan dirinya untuk selamanya di garis depan. Namun ternyata ia justru diperintahkan untuk memimpin pasukan yang diberi nama pakusan "Salamander" tersebut.

Pasti ada yang bertanya, mengapa Degurechaff tidak mundur saja dari militer? Dengan begitu dia bisa hidup damai.
Menurut saya pribadi, Degurechaff tidak akan mundur dari dunia militer. Mengapa? Karena sebelumnya dia telah menganalisa bahwa hanya dengan dunia militerlah taraf hidupnya dapat naik di negara Kekaisaran itu. Jika taraf hidupnya naik, maka saat pensiun dari militer nanti dirinya bisa hidup jauh lebih tentram dibandingkan saat menjadi karyawan di dunia yang sebelumnya.

OVERALL: 8



Saya sebenarnya berharap bahwa movie ini merupakan akhir cerita dari anime Youjo Senki. Namun karena musuhnya pada akhir cerita ternyata masih hidup dan Degurechaff sepertinya harus memimpin pasuskan baru demi menjalankan ide rencana invasinya. Maka bisa saya katakan bahwa anime ini sepertinya masih jauh dari kata selesai. Sehingga sepertinya kita harus sabar menunggu akan datangnya season 2.

~AYBD

Posting Komentar

0 Komentar