Pembahasan Attack on Titan 121: Tiga Hal Mengejutkan Terungkap



AWAS SPOILER GAN !! BACA MANGANYA DULU, BARU MAMPIR.

Yo gan, mimin ingin bahas nih chapter terbaru dari manga Attack on Titan yang baru rilis beberapa hari yang lalu. Ada 3 hal mengejutkan yang sudah mimin rangkum dalam tulisan kali  ini. Langsung aja kita bahas satu persatu.





1. Kekuatan Titan milik Eren bisa melihat masa depan

Kita sendiri mengetahui bahwa ada kekuatan titan yang bisa digunakan walau dalam bentuk manusia, seperti Zeke yang bisa berteriak untuk mengubah orang yang meminum cairan tulang punggungnya menjadi titan walaupun Zeke dalam wujud manusia.

Lalu ada juga saat dimana Eren menggunakan kekuatan founding titan dengan cara meninju Titan yang memakan ibu kandungnya dan membuat titan disekitarnya menyerang titan tersebut.

Kita mengetahui bahwa titan milik Eren yang kita sebut sebagai "Attack on Titan" merupakan warisan yang diberikan oleh Kruger kepada Grisha (ayah Eren), lalu kemudian diwariskan kepada Eren. Ketiga orang tersebut, Kruger, Grisha, dan Eren, mereka telah merasakan sendiri bagaimana kekuatan dari melihat masa depan. Hal ini juga menjelaskan mengapa Kruger bisa mengetahui nama Mikasa dan Armin saat berbicara untuk yang terakhir kalinya dengan Grisha.
 

2. Eren juga dapat memanipulasi apa yang terjadi di masa lalu melalui ingatan siapapun yang mewarisi "Attack on Titan"

 
Dalam chapter kali ini, Zeke memperlihatkan ingatan masa lalu milik Grisha kepada Eren. Hal tersebut berujung menjadi sebuah senjata makan tuan bagi Zeke. 

Eren memang tidak pernah memberitahu siapapun mengenai kekuatan ini. Sehingga disitulah Eren mulai memanfaatkan kesempatan agar dapat membuat garis waktu benar-benar sesuai dengan masa depan yang diinginkan Eren. 

Bagaimana cara Eren melakukannya?

Dengan cara berinteraksi secara langsung pada orang yang ada di ingatan masa lalu tersebut.

Jika kalian nonton anime Steins;Gate kalian pasti memahami bagaimana cara merubah masa depan melalui masa lalu. #GarisWaktu


3. Ayah Eren membunuh seluruh anggota keluarga Reiss bukan karena keinginannya sendiri, melainkan karena Eren dari masa depan yang telah mempengaruhinya.
  
Seperti yang mimin bilang sebelumnya, Eren dewasa ternyata datang dari masa depan melalui ingatan yang diperlihatkan Zeke agar dapat mempengaruhi Grisha Yeager menuju garis waktu yang diinginkan Eren. 

Grisha sendiri sebenarnya tidak ingin melakukan ini, dia hanya ingin hidup damai bersama dengan keluarganya. Namun karena dipengaruhi oleh Eren dewasa, ia pun akhirnya membunuh semua anggota Reiss dan kemudian menyesalinya.


Sejak kapan Eren merencanakan hal ini?

Masa depan pertama yang dilihatnya pada saat ia masih kecil kemungkinan masih membuat dirinya belum memahami sama sekali mengenai kekuatan tersebut. 

Dirinya mungkin baru benar-benar bisa mengendalikan kekuatan ini setelah menganalisa ingatannya selama 2 tahun belakangan ini. Mungkin itulah penyebab mengapa ia memilih untuk menyerang Marley sendirian, karena ia telah melihat masa depan itu pada tahun-tahun sebelumnya.

Apa tujuan Eren? Apakah Eren akan menjadi penjahat utama?

Seperti yang disebut dalam chapter-chapter sebelumnya, tujuan Eren adalah untuk membuat semua keturunan Eldia mandul. Jika memang masa depan yang diinginkan Eren benar-benar akan terwujud, maka prediksi mimin adalah negara-negara besar nanti akan bersekutu untuk berperang melenyapkan pulau paradis. 

Saat itulah Eren harus menggunakan kekuatannya untuk menghidupkan titan-titan yang ada di dalam dinding. Sekutu yang tidak bisa mengalahkan para Eldia, kemudian mengajukan perdamaian. Orang-orang Eldia yang sudah tidak bisa lagi melahirkan anak nantinya akan tetap hidup sampai akhir hayat mereka. TAMAT. 

But, itu hanya teori mimin, pemikiran si mangaka sendiri, Hajime Iseyama-sensei biasanya selalu memunculkan plot twist yang ceritanya tidak bisa ditebak. Sehingga ending apapun bisa saja terjadi, termasuk "bad ending" dimana semua karakternya mati.


Well, menunggu satu bulan sekali hanya untuk sebuah chapter saja rasanya memang bikin kesal karena saking penasarannya. Kita nantikan saja chapter terbarunya di bulan depan nanti dan tunggu pembahasan mimin yang berikutnya, Okeh?

~AYBD






Posting Komentar

0 Komentar