[REVIEW] Choujin Koukousei, Kurang Overpower?



Yo gan, pecinta isekai mana suaranya. Kali ini saya akan mereview sebuah anime tentang anak-anak SMA berbakat yang terjebak di sebuah dunia isekai, judulnya yaitu “Choujin Koukousei-tachi wa Isekai demo Yoyuu de Ikinuku you desu” atau disebut juga dengan judul “Choyoyu”. Jika anime isekai pada umumnya karakter utamanya memiliki kekuatan sihir yang bisa dikatakan overpower, namun pada anime ini karakter utamanya tidak menggunakan sihir sama sekali, melainkan hanya menggunakan bakat alami mereka yang bisa dikatakan “OVERPOWER”. Itulah menurut saya poin plus yang membuat anime ini menarik dan sangat  berbeda dengan anime isekai pada umumnya.






SINOPSIS:
Bercerita tentang tujuh orang anak SMA yang memiliki bakat yang luar biasa di bidang mereka masing-masing. Ada politisi, business man, ilmuwan, pesulap, pendekar pedang, dokter, dan jurnalis. Ketika mereka bertujuh sedang pergi bersama dalam sebuah perjalanan, tiba-tiba saja pesawat yang mereka tumpangi mengalami kecelakaan dan mendarat di sebuah dunia isekai.

Anime ini akan bercerita tentang kisah mereka bertujuh dalam menggunakan bakat mereka di dunia isekai tersebut.

MUSIK: 6
Saya akan berkomentar terlebih dahulu mengenai opening song. Saat saya pertama kali mendengar lagunya, saya langsung mikir gini “opening song macam apa itu?”. Walaupun harus saya akui opening song dari anime lain seperti anime “Mamako” jauh lebih buruk dari opening song anime ini, namun setidaknya genre musiknya tidak jauh berbeda . Genre musik seperti ini sebenarnya lebih cocok untuk anime yang lebih terkesan fun. Namun anime Choyoyu ini temanya politik ala Tsukasa. Setidaknya gunakanlah opening song yang memiliki kesan lebih serius.

Sedangkan untuk BGM atau Background Musik juga tidak jauh berbeda dengan opening song. Sangat buruk sekali sehingga unsur atmosfer story tidak bisa terbangun dengan sangat baik. Sungguh disayangkan rasanya, padahal musik juga memiliki peranan penting dalam membangun unsur cerita

STORY: 7
1. Beberapa unsur cerita seharusnya bisa lebih dibangun lagi



Prolog sebenarnya dibuka dengan cukup baik. Dikatakan bahwa mereka sebenarnya bukan overpower karena memiliki kekuatan sihir atau hal-hal yang seperti itu, melainkan mereka memang overpower karena bakat alami yang mereka miliki.

Ada beberapa unsur cerita sebenarnya yang dapat dibangun lagi untuk membuat cerita menjadi jauh lebih menarik, yang pertama mengenai kecemburuan Ringo terhadap Lyrule dan yang kedua mengenai cerita kanibalisme warga yang berada dalam pemerintahan Gustav. 

Kecemburuan Ringo terhadap Lyrule menurut saya merupakan kecemburuan yang terlalu ringan. Ringo yang cemburu seharusnya bisa dibuat sedikit mengkhianati Tsukasa dengan membocorkan beberapa informasi penting ke musuh. Namun Tsukasa sebagai politisi terbaik di dunia tetap berhasil menghadapi lawan-lawannya walaupun dalam keadaan demikian. Barulah setelah itu Ringo menyesal dan menyadari kesalahannya, lalu meminta Tsukasa dengan penuh dramatis untuk memaafkan dirinya. 

Sedangkan untuk cerita kanibalisme mungkin hanya perlu dibangun dari sisi psychologicalnya saja agar bisa jauh lebih terasa unsur mengerikannya. Misalnya saja memperlihatkan adegan mereka sedang memotong-motong daging yang ada ruang bawah tanah dan sebuah lengan yang telah terpotong jatuh ke tanah, atau juga bisa Elch yang tertangkap dan tidak sadarkan diri hampir dibelah perutnya oleh mereka. Memang terkesan sadis namun setidaknya dapat membuat cerita jauh lebih menarik.

2. Tsukasa tidak memiliki lawan politik yang sama seperti dirinya, makanya kurang seru

 
Tsukasa tidak berbakat?  Jangan bercanda mas Tsukasa. Ente yang punya ide untuk bikin tu roket misil raksasa, masih mau merendah diri seperti itu? Ente itu yang paling menakutkan. Hanya saja, saya merasa ada yang kurang dari karakter Tsukasa, yaitu sifat agresif, angkuh, dan dingin seperti halnya Yagami Light. Karakter Tsukasa dalam anime ini benar-benar tidak memiliki ambisi yang membara untuk menaklukkan dunia. Sehingga saya melihat karakter Tsukasa benar-benar lembek sebagai seorang Main Character.
Ada sesuatu yang saya harapkan dari anime ini, yaitu perang pemikiran antara Tsukasa dan musuhnya sebagaimana yang dilakukan oleh L dan Yagami Light. Saling mengcounter kebijakan politik atau strategi masing-masing guna menghadapi lawannya seperti yang juga diperlihatkan dalam anime Nejimeki Seirei Senki.

Jika ditanya apakah Tsukasa itu overpower dengan bakat politik yang ia miliki, maka jawaban saya adalah tidak. Karena rata-rata kebijakan politik yang ia ambil masih bisa dikatakan sebagai kebijakan yang normal. Saya baru akan mengatakan Tsukasa itu overpower jika ia sering melakukan counter pemikiran politik dengan musuh-musuhnya. Namun hal tersebut hanya dapat terwujud jika musuhnya juga memiliki otak yang encer seperti dirinya.

3. Beberapa karakter Tujuh Cahaya lainnya yang terasa tidak terlalu memiliki peranan penting



Politisi, Business Man, ilmuwan, dan Jurnalis . Saya merasa hanya empat orang ini saja yang memiliki peranan paling  penting dalam anime ini. Sedangkan untuk karakter lainnya mungkin hanya sebagai pelengkap saja. Menurut saya tujuh orang tersebut bisa dikurangi menjadi lima orang saja, yaitu dengan mengurangi si dokter dan pendekar pedang. Sedangkan untuk si pesulap menurut saya masih bisa masih melakukan hal yang berguna ddibandingkan dua orang tersebut, misalnya saja bisa melakukan ilusi-ilusi yang belum pernah dilihat kekaisaran musuh agar mereka tidak dapat mengukur kekuatan Kerajaan Elm.

4. Namun setidaknya Gustav memainkan perannya sangat baik sebagai antagonis



Pemimpin yang tirani dan membiarkan rakyatnya mati. Sebagai antagonis Gustav berhasil melakukannya dengan sangat baik. Namun sangat disayangkan Gustav hanya paham tentang cara bertarung saja, tidak paham dengan strategi politik. Itulah yang menyebabkan dirinya kalah. Seandainya Gustav juga memiliki otak yang encer seperti Tsukasa, pasti anime ini akan menjadi jauh lebih seru. 

Gustav yang mati di episode terakhir menurut saya bukanlah keputusan yang tepat. Karena dirinya masih bisa disimpan untuk season yang berikutnya. Gustav seharusnya bisa hidup lebih lama lagi sebagai orang yang menggunakan topeng tersebut dan bisa belajar dari kesalahannya di masa lalu untuk menggunakan otaknya secara matang dibandingkan ototnya saat melawan pemerintahan Tujuh Cahaya. Namun sayangnya di anime dirinya masih merupakan orang yang sama dan temperamental. Sungguh disayangkan karakter seperti Gustav harus mati secepat itu.

KESIMPULAN
Secara keseluruhan saya berikan nilai 6 karena masih memiliki “BANYAAK” sekali kekurangan yang seharusnya bisa jauh lebih dikembangkan lagi seperti yang saya sebutkan sebelumnya. Untuk itu saya akhiri review ini sampai disini dulu. Jika kalian menyukai tulisan saya. Silahkan eksplor blog ini dan juga baca review saya yang lainnya.

Salam Semvak

#AYBD

Posting Komentar

0 Komentar