[Penjelasan] Seishun Buta Yarou Movie, Ada yang Bikin Kamu Bingung?

Movie ini merupakan kelanjutan dari seri anime sebelumnya yang berjumlah 13 episode. Bagi kalian yang mungkin masih bingung dengan cerita movie ini, mungkin saya ingin memberikan beberapa analisis mengenai hal-hal yang membuat kalian bingung tersebut.






Langsung saja kalau begitu kita bahas fokus utama dari pemilik sindrom pada arc ini, yaitu Makinohara Shouko.

Jadi, siapa sebenarnya Makinohara Shouko?


Makinohara Shouko adalah seorang anak kelas 1 SMP  yang di diagnosis memiliki penyakit jantung. Hal tersebut membuat dirinya dikatakan hanya dapat bertahan hidup sampai usia 14 atau 15 tahun.

Dulu, pada saat dia kelas 4 SD, ia pernah diberi tugas untuk mengisi daftar keinginan masa depan. Namun pada akhirnya ia tidak menulis apapun di daftar tersebut karena memikirkan mengenai penyakit yang dideritanya.

Makinohara Shouko tidak ingin mati. Ia sangat menginginkan agar bisa tetap hidup sampai dirinya duduk di bangku SMA ataupun bangku kuliah. Hal tersebut kemudian membuat dirinya mengalami suatu sindrom yang memunculkan Makinohara Shouko versi dewasa.

Bagaimana bisa ada Makinohara Shouko versi dewasa?

Yuki fansub

Perlu anda ketahui bahwa sindrom milik Makinohara Shouko ini sepertinya baru terjadi pasca operasi jantung miliknya sukses. Sindrom yang dimiliki oleh Makinohara Shouko ini dikatakan dapat membuat dirinya memperlambat waktu. 

Walaupun waktunya telah diperlambat, namun usia dirinya tetaplah bertambah. Hal itulah yang menjelaskan mengapa dirinya dapat tumbuh dewasa dalam waktu singkat. 

Lalu yang menjadi pertanyaan, mengapa dia ingin menjadi Makinohara dewasa? Jawabannya adalah karena Makinohara sangat menginginkan hal tersebut sejak dia duduk di bangku SMP. Dia ingin merasakan SMA, berkuliah, dan juga hal yang berhubungan dengan pernikahan. Hal tersebutlah yang kemudian menjadi sindrom miliknya.

Yuki fansub

Mengapa makinohara dewasa pergi ke masa lalu?
Kemungkinannya hanya satu, yaitu untuk memperbaiki garis waktu agar Sakuta, Mai, dan dirinya tidak ada satupun yang mati. Makinohara kemungkinan di masa depan sudah mengetahui bahwa Sakuta akan mati pada tanggal 24 Desember. Untuk itulah dia pergi ke masa lalu dengan tujuan untuk menyelamatkan Sakuta.

Pada akhirnya bagaimana cara menyelamatkan Makinohara Shouko?

Yuki fansub

Jika Makinohara pada saat kelas 4 SD mengisi daftar keinginan masa depannya, maka sindromnya tidak akan pernah terjadi. Otomatis juga akan membuat keberadaan Makinohara dewasa tidak pernah ada. 

Yuki fansub

Lalu bagaimana caranya? Hanya ada satu cara untuk membuat Makinohara kelas 4 SD mengisi daftar keinginan masa depannya, yaitu dengan cara memberikan tanda tangan berbentuk bunga pada daftar keinginan masa depannya. Hal itu menandakan bahwa tugasnya telah diterima (di Jepang, semua tugas yang telah diselesaikan, diberikan tanda berbentuk bunga tersebut, namun ini hanya berlaku khusus untuk anak SD).

Usaha yang dilakukan Sakuta ternyata tidak sia-sia. Dengan ditandatangani nya tugas Makinohara Shouko kelas 4 SD, otomatis mengubah masa lalu yang dimana Makinohara kecil yang pada awalnya tidak menuliskan apa-apa di daftar keinginan masa depannya, justru jadi menuliskan sesuatu.

(Note: yg mereka lakukan itu sejenis metode untuk merubah garis waktu, yang nonton Steins Gate mungkin paham)

Sejak awal juga kehadiran catatan milik Shouko itu saja sudah menjadi misteri, kadang tulisannya muncul kadang kehapus. Sehingga jelas sekali bahwa benda ini seperti sudah terhubung dengan dimensi ruang dan waktu. Jadi apapun yg terjadi pada catatan itu, akan berpengaruh pada masa lalu.

Yuki fansub

Namun ada hal yang harus dikorbankan oleh Sakuta dengan melakukan hal tersebut. Yaitu semua ingatan dan kenangan yang pernah dialami oleh dirinya dan semua teman-temannya akan di reset seperti benar-benar tidak pernah terjadi sama sekali. Makinohara Shouko versi dewasa pun dengan begitu keberadaanya menghilang jika sindrom tidak pernah terjadi

Namun bukan berarti mereka sepenuhnya tidak dapat mengingat kembali ingatan tersebut. Hanya saja ingatan tersebut telah dipindahkan ke dalam mimpi mereka. Dan benar, semua hal termasuk pertemuannya dengan Sakurajima Mai harus direset.

Jika sudah di reset, lalu mengapa mereka pada akhirnya bertemu kembali?

Maka lihatlah kembali adegan ini.

Yuki fansub

Mereka berdua di dalam bus tersebut sudah sepakat walaupun nantinya ingatan mereka telah direset, mimpi yang merupakan ingatan mereka berdua akan membuat mereka bertemu kembali.

Yuki fansub

Seharusnya pertemuan mereka berdua kembali pasca direset itu diceritakan. Namun entah mengapa langsung di skip ke adegan kuil ini. Hal inilah yang dapat membuat penonton bingung

Memangnya apa bukti bahwa ingatan mereka sudah direset?

1. Yang pertama adalah ini. Ini adalah proses ingatan mereka akhirnya direset.


2. Yang kedua, Sakuta mengatakan bahwa semua ingatan pertemuan mereka ada di mimpi

Yuki fansub

3. Yang ketiga, Sakurajima Mai tidak mengenal Makinohara Shouko di scene akhir.

Yuki fansub

Jika bukan Sakuta ataupun Mai yang mendonorkan jantung ke Shouko, lalu siapa?

Maka kita perlu melihat kembali pada adegan ini.

Yuki fansub

Disitu dikatakan Sakurajima Mai memainkan sebuah film berjudul "Gadis yang menanti donor Jantung". Sehingga hal yang paling mungkin terjadi adalah orang-orang yang menonton film tersebut banyak yang kemudian tergerak hatinya untuk melakukan donor jantung kepada penderita penyakit seperti yang dialami Makinohara Shouko.

Jadi bisa dikatakan bahwa jantung yang berdetak di tubuh Shouko saat ini bukanlah jantung milik Sakuta ataupun Mai. Melainkan milik orang yang berbaik hati ingin mendonorkan jantungnya setelah menonton film yang dibintangi Sakurajima Mai.

Lalu kemana perginya Makinohara dewasa? dan mengapa Makinohara kecil bisa mengingat nama Sakuta?

Yuki fansub

Makinohara dewasa dari masa depan kemungkinan telah bertemu dengan Makinohara kecil yang menyebabkan mereka berdua bersatu. Termasuk ingatan yang mereka miliki (masih ingat kan dengan adegan Sakuta di masa lalu dan Sakuta di masa depan yang bersatu ketika mereka berdua bertemu).

Hal itulah kemudian yang membuat Makinohara kecil bisa mengetahui nama Sakuta.


~AYBD
Special credit: Yuki Fansub


Posting Komentar

11 Komentar

Trisna Nur Ja'far mengatakan…
Bukan kemungkinan itu min, tapi mengapa makinohara shouko bisa mengingat sakuta dikarenakan scene pada saat detik" akhir kehidupan makinohara shouko itu, sebelum dinilainya PR-nya makinohara kecil, disitu ingatannya sudah menyatu dengan makinohara besar, sehingga pada saat kembali ke masa lalu atau direset lagi, makinohara kecil masih mengingat ingatannya, hehe wajar min ane baru nonton ni movie, dan sumpah bagus banget.
DesainWeb mengatakan…
Terima kasih min, atas penjelasanya, jd paham maksud tanda tangan bentuk bunga itu, sama pengaruhnya pada masa lalu dan masa depan
Rohim mengatakan…
Terima kasih banyak... Sangat membantu...
Unknown mengatakan…
thx min penjelasannya..gw dulu gatau apa apa tiba tiba nonton movie nya..auto bingung..trus habis itu mulai nonton yg serial dan digabungin sama cerita di movie+penjelasan di blog ini jadi jelas ceritanya..ceritanya terdebest sih menurutku.
Unknown mengatakan…
Bukan min sebenarnya itu hanya mimpi shouko saja. Sebenarnya saat mengisi tugasnya shouko melihat masa depannya dan apa yang terjadi jika ia tidak mengisi lembar tugasnya tersebut. Dan setelah sadar shouko pun mengisi lembar tugasnya. Jadi sindrom itu tidak pernah terjadi dan semua cerita/serial anime tersebut sebenarnya hanya mimpi shouko saja. Jika shouko tidak memikirkan dampaknya maka Sakuta/Mai akan mati karena harus mendonorkan jantungnya kepada shouko
Unknown mengatakan…
Jadi fungsi menilai catatannya pake bunga itu apa sih? Masih kurang paham, sama kek adegan steins gate waktu kurisu nyium okabe, mohon penjelasannya
Batman mengatakan…
Fungsi sakuta memberi tanda tangan ke tugas shoko adalah menghentikan sindrom pubertas si shoko, Karna tugas nya sudah di isi maka hal ygbisa di lakukan sakuta adalah memberi nnilai (tanda tangan bunga ke shoko)
Rayder mengatakan…
Meme yang terakhir bikin ngakak min kwkwk
Unknown mengatakan…
Gw baca di salah satu komen diatas Kalo plot twist nya film ini semuanya hanya mimpi shouko jika dia tidak mengisi PR nya. Kayaknya plot twistnya dh kejauhan & salah kaprah. Kalo Sindrom pubertas yg kayak gini bukan punya shouko tapi lebih ke punyanya koga. Jadi menurut gw review mimin dh bagus. Tapi kalo versi gw si shouko lah yang kembali ke masa lalu dan memperbaiki semuanya. Dia lah yang memperbaiki semuanya sendiri dengan menulis pr nya supaya dia nggak kena sindrom pubertas tp otomatis semuanya jadi tereset dan akhirnya ingatan mereka kembali lewat mimpi. Jd tanda bunga itu nggak terlalu berpengaruh min. Secara keseluruhan, gw lebih suka movie nya daripada season nya.
Note: nice jokes min:v
Anonim mengatakan…
saya yg baru nonton ini anime serial dan movienya merasa ini anime bagus, dalam segi cerita dan hal2 yg ga di duga, tp untuk movienya ini bener2 saya dibuat mikir lebih keras gimana caranya si shouko itu biar ga mati, tapi movienya ini jd ngingetin sama anime charlote sama re:zero yg mana mc nya mau mengulang waktu untuk menyelamatkan orang lain. buat mimin yg udah ulas anime movie ini, makasih banget soalnya jd paham maksud dari setiap cerita movienya dan komenannya juga saling meluangkan pendapat tentang cerita movie ini versi mereka... :)
Kelvin Cahyadi mengatakan…
sangkyuu min penjelasannya!