Kita Semua Bisa Menjadi Reviewer


Gan, saya mau saya sharing sedikit pengalaman saya selama satu tahun belakangan ini sebagai reviewer. Bukan ingin merasa egois, namun tulisan ini sengaja saya buat dengan tujuan untuk memproduktifkan para Animanga Lovers, khususnya warga AU yang memiliki anggota sekitar 3200 orang. Jujur saja, saya sebenarnya bukanlah orang yang suka menulis hal-hal seperti ini. Bagi saya pribadi, menulis itu merepotkan diri sendiri dan cukup menyita banyak waktu.

Awal mulanya saya ingin mencoba untuk ngereview yaitu gara-gara omongan orang-orang disekitar saya yang mengatakan bahwa kegiatan yang saya lakukan sama sekali tidak memiliki faedah, manfaat, dan hasilnya. Saya kemudian merenung dan berpikir bahwa hal tersebut mungkin ada benarnya juga. Sudah melihat banyak seri dan mencatatkan ratusan completed di Myanimelist, namun belum pernah sekalipun menghasilkan sesuatu dari kegiatan itu.

Akhirnya saya pun mencoba menulis review pertama saya apa adanya dan menghasilkan satu paragraf yang berisikan lima baris pendapat saya. Walaupun tulisan itu cukup singkat dan tidak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan review milik situs-situs teratas diluar sana, entah kenapa saya merasakan kepuasan tersendiri telah berhasil mengeluarkan pemikiran saya ke dalam suatu tulisan. Saya kemudian mencoba menulis review-review lainnya dan sedikit demi sedikit mulai merasa mengalami perkembangan. Kemudian juga mencoba mengamati review-review lainnya seperti milik situs Jurnal Otaku yang ditulis dengan gaya mereka sendiri dan dipenuhi dengan bahasa Inggris. Namun pada akhirnya saya merasa menulis dengan gaya bahasa sendiri jauh lebih enjoy daripada mencoba mengikuti orang lain. Hal yang ingin saya katakan pada akhirnya adalah "apapun hobimu cobalah menghasilkan sesuatu dari kegiatan tersebut". IJOUDESU, MERAHDESU, KUNINGDESU.

Posting Komentar

0 Komentar